Wagub NTB Menanam Pohon Kenari di By Pass BIL

Wagub Sitti Rohmi Djalilah melakukan penghijauan dengan menanam pohon Kenari di  depan Kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB Jalan By Pass BIL di Lelede, Banyumulek Lombok Barat , Rabu (16/03/22) / Foto: edy

Wujudkan NTB Asri dan Lestari, Wagub NTB harapkan banyak pihak yang ikut menanam pohon di tempat-tempat strategis

LOBAR.lombokjournal.com ~Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah melakukan penghijauan dengan menanam pohon Kenari di  depan Kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB Jalan By Pass BIL di Lelede, Banyumulek Lombok Barat , Rabu (16/03/22).

Gerakan menanam pohon ini merupakan upaya mewujudkan NTB yang Asri dan Lestari. 

Wagub ajak masyarakat hijaukan NTB
Wagub Sitti Rohmi

“Pohon ini dapat menahan banjir dan menghasilkan oksigen, semoga terus tumbuh dengan baik ke depan,” kata Ummi Rohmi sapaan Wagub NTB.

Ia mengapresiasi penanaman pohon yang diinisiasi oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa  (INTI) NTB. Jaringan Media Siber Indonesia ( JMSI) NTB yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB,

Apresiasi ini layak diberikan karena Perhimpunan INTI NTB telah melakukan penghijauan di tempat-tempat yang strategis. 

“Ini yang kita perlukan, ikut membantu pemerintah. Jadi sinergi juga harus ada perencanaan lokasi dan tempat untuk melakukan penanaman. Mudah-mudahan apa yang dilakukan hari ini dapat diikuti oleh yang lain, untuk menjadi mitra pemerintah, untuk menghijaukan NTB,” harap wagub.

BACA JUGA: Wagub NTB Puji Pemkab Lotim Capai Tiga Pilar STBM

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB, Ir. Madani Mukarom menambahkan, penghijauan ini merupakan bagian dari ikhtiar menghijaukan NTB

Salah satu yang dilakukan dengan penanaman pohon sepanjang jalan negara dan provinsi dari Ampenan hingga Sape (Bima).

“Sudah ada sekitar 10.000 pohon yang telah ditanam sepanjang jalur tersebut. Bahkan masing-masing KPH di tiap Kabupaten/Kota menanam 2.000-2.500 pohon,”jelas Kadis DLHK.

Disampaikannya,  jenis-jenis pohonnya beragam. Seperti pohon Trembesi, Kenari, Mahoni, Ketapang Kencana dan Tabebuya.

Sementara itu, Ketua Harian Perhimpunan INTI NTB S. Widjanarko menyampaikan, apresiasi atas kesempatan Wagub NTB untuk ikut bersama melakukan penghijauan.

Wagub apresiasi INTI NTB
Wagub dengan pengurus INTI NTB

 “Kami sudah melakukan penghijauan serupa di KLU, Lotim dan Loteng. Pohon Kenari yang ditanam Ummi Rohmi sudah setinggi 1 meter. Semoga akan menghasilkan kebaikan untuk anak cucu kita,” tutup S. Winarko.

Turut mendampingi Wakil Gubernur antara lain Asisten 1, Kadis Kesehatan, Kadis PMD Dukcapil, Kadis LHK, Kadis Dikbud, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, Kadis Pemuda dan Olahraga, Biro Umum, Biro Adpim dan Biro Kesra. ***

BACA JUGA: Bupati Djohan Resmikan Dermaga Gili Tramena