Rakornas Komisi Informasi Berlangsung di NTB

Peserta Rakornas mengikuti acara Care Freeday yang menampilkan Gendang Belek

Para peserta Rapat Koordinasi NasIonal (Rakornas) Komisi Informasi se Indonesia di Mataram, Nusa Tengara Barat (NTB), Senin (07/08/23) / Foto: her

39 Komisi Informasi se Indonesia akan selenggarakan Rakornas di Nusa Tenggara Barat yang diikuti 350 peserta

MATARAM.LombokJournal.com ~ Menteri Komunikasi informasi dan Statistik RI, Budi Arie Setiadi akan membuka Rapat Koordinasi NasIonal (Rakornas) Komisi Informasi se Indonesia yang dipusatkan di Mataram, Nusa Tengara Barat (NTB), Senin (07/08/23). 

Rakornas Komisi Informasi ini akan berlangsung tanggal 6-9 Agustus 2023 yang dihadiri 39 Komisi Informasi  se Indonesia dengan 350 peserta.

BACA JUGA: Hari Anak Nasional di NTB  Dimeriahkan 800 Peserta

Pesrta Rakornas Komisi Informasi disambut dengan Tarian Selamat Datang. Selain Sambutan Selamat Datang Komisi Informasi NTB dan Gubernur NTB serta Keynote Speech Wapres RI, serta sambutan dan pembukaan acara oleh Komisi Informasi Pusat.

Berbagai rangkaian kegiatan mewarnai Rakornas Komisi Informasi di Mataram, NTB itu dimulai hari Minggu (06/08/23) digelar Car Freeday yang diikuti Gubernur, Wagub NTB, Komisioner KI Pusat, Komisioner KI Provinsi se Indonesia.

Dalam Car Free Day diiringan Gendang Belek dan Drum Band, Fun Wark Keterbukaan Informasi Publik oleh seluruh OPD se NTB, para pelajar SMA/SMK sederajat se Kota Mataram, unsur masyarakat lainnya hiburan Gemilang Band Prov NTB dan lainnya. 

BACA JUGA: Rakor Progres Pendidikan Kecakapan Wirausaha 

Beberapa materi

Selanjutnya Governmental Session bersama Ketua Komisi 1 DPR RI, Meutya Viada Hafid dengan materi “Keterbukaan Informasi Publik untuk Demokrasi, Kesejahteraan Rakyat dan Pembangunan Nasional”. Menteri Kominfo dan Informatika RI (Budi Arie Setiadi, S.Sos, M.Si) : “Keterbukaan Informasi Publik dan Transformasi Digital”.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal RI Dr. (HC) Drs.A. Halim Iskandar, M.Pd akan menyampaikan “Keterbukaan Informasi Publik di Tingkat Desa”, Mendagri (Jendral (Purn) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, MA, Ph.d dengan materi  “Keterbukaan Informasi Publik Pemilu dan Penguatan Pemerintah Daerah”.

Menteri BUMN RI Dr. (HC) H Erick Thohir, BA, M.BA) dengan materi: “Keterbukaan Informasi Publik, BUMN dan Kesejahteraan Rakyat”, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi RI (Abdullah Azwar anas) dengan materi: “Keterbukaan Informasi Publik dan Reformasi Birokrasi”. 

Ketua Badan Pengawas Pemilu RI (Hasyim Asy’ari, SH, M.Si, Phd) dengan materi:  “Peran Keterbukaan Informasi Publik dalam Pengawasan Pemilu Serentak 2024”. 

Pada Rakornas KI ini juga akan dibahas terkait maksud dan tujuan serta perubahan skema Rakornas oleh KI Pusat, Rapat Bidang dengan mengangkat isu-isu Aktual (Demokrasi dan Ekonomi), Tugas dan Fungsi KI, Penguatan PPID Pemprov NTB. 

Para peserta Rakornas Komisi Informasi se Indonesia akan dijamu Welcome Diner bersama Gubernur NTB di Pendopo. 

BACA JUGA: Pemilu 2024, Milenial dan Gen Z Punya Kemandirian Memilih

Pada Selasa tanggal 8 Agustus 2023 City Tour Gilis Tour yang sekaligus berkunjung ke beberapa destinasi wisata, dan  menginap selama tiga hari pelaksanaan dengan  rangkaian sejumlah agenda Rakornas.***