Kapal Pesiar Seabourn Encore, Wisata Setengah Hari di Lombok

Kapal Pesiar Seabourn Encore Berwisata Setengah Hari di Lombok (Foto: Aya)

Lebih dari 600 orang wisatawan penumpang kapal pesiar MV Seabourn Encore, menghabiskan waktu setengah hari untuk berwisata di Lombok, NTB, Selasa (21/3).

LOMBOK BARAk lombokjournal.com  —  Kapal pesiar itu mengangkut 556 orang wisatawan dan 410 orang crew kapal.  “Data arus penumpang yang turun sekitar 624 orang. Ya, mereka berwisata ke beberapa destinasi di Lombok,” kata General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Lembar, Baharuddin, Selasa sore (21/3).

Kapal jenis cruise berbendera Bahamas, itu tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Selasa pagi sekitar pukul 09.00 Wita, setelah sebelumnya singgah di pulau Komodo, Flores, NTT.

Dari data manifest penumpang kapal, tercatat para wisatawan itu berasal dari beragam negara, namun di dominasi Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Baharuddin menjelaskan, para penumpang yang turun diangkut menggunakan bus dan mobil travel yang disediakan travel agent lokal, menuju sejumlah destinasi wisata di Lombok Barat dan pusat souvenir kerajinan Mutiara di Kota Mataram.

“Mereka berkesempatan setengah hari menikmati keindahan destinasi wisata di Lombok. Rute kapalnya memang dari Komodo kemudian singgah di Lombok dan dilanjutkan ke Bali via pelabuhan Benoa,” katanya.

Kapal pesiar MV Seabourn Encore, kemudian meninggalkan pelabuhan Lembar, Selasa malam sekitar pukul 19.30 Wita, menuju pelabuhan Benoa Bali.

Baharuddin mengatakan, kedatangan kapal pesiar MV Seabourn Encore, itu diharapkan memberi dampak positif bagi sektor pariwisata di Lombok dan NTB secara umum.

“Secara langsung terdapat nilai yang didapat oleh mitra dan masyarakat kita, baik mitra Pelindo III Lembar terutama travel agent dan biro perjalanan serta pengusaha lainnya,” kata Baharuddin.

Selain itu, tambahnya, secara tidak langsung akan mempromosikan Lombok dan NTB secara umum ke negara asal para wisatawan, jika kesan baik mereka terima selama berwisata di Lombok.

AYA