Vaksin Covid-19 Tidak Berbahaya Bagi Ibu Hamil

ilustrasi - Vaksin Ibu hamil / Ayb
image_pdfSimpan Sebagai PDFimage_printPrint

Kekhawatiran ibu-ibu hamil menolak vaksin Covid-19 karena dianggap berisiko menimpa bayinya, padahal hasil penelitian risiko itu  tidak terbukti

MATARAM.lombokjournal.com ~ Orang hamil yang tertular COVID-19 memiliki peningkatan risiko keparahan penyakit dan kematian.

Namun di Amerika Serikat, ternyata hamil menjadi takut divaksin karena kekhawatirak akibat buruk yang menimpa bayinya.

Hanya 31 persen orang hamil yang bersedia divaksin per September 2021. Umumnya, para waita hamil khawatir divaksin karena beranggapan vaksinasi dapat mengganggu kehamilan  .

Temuan ini dilaporkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat.

Sebuah studi yang dipimpin Yale, yang mengamati lebih dari 40.000 orang hamil, membuktikan bahwa wanita hamil yang divaksin COVID-19 tidak berisiko kelahiran premature, atau kelainan kehamilan lainnya.

BACA JUGA: Overdosis Vitamin D, Akan Hadapi Penyakit Mematikan Ini

Jadi studi ini mendukung keamanan vaksinasi COVID-19 selama kehamilan.

Studi ini menemukan vaksinasi COVID-19 selama kehamilan tidak terkait dengan kelahiran prematur.

Trimester saat vaksinasi diterima dan jumlah dosis vaksin COVID-19 yang diterima, juga tidak terkait dengan peningkatan risiko kelahiran prematur atau SGA. Demikian hasil penelitian tersebut.

Kelahiran prematur (bayi dilahirkan lebih awal dari 37 minggu) dan SGA (di mana bayi dilahirkan dengan ukuran lebih kecil dari bayi normal) dikaitkan dengan tingginya risiko kematian dan bayi cacat.

Untuk studi baru, data yang diperoleh dari delapan organisasi perawatan kesehatan yang berpartisipasi dalam Vaccine Safety Datalink – sebuah proyek yang didirikan oleh CDC untuk memantau keamanan vaksin – menyelidiki risiko kelahiran prematur atau SGA di antara wanita hamil yang divaksinasi dan tidak divaksinasi, berusia antara 16 tahun sampai 49 tahun.

Di antara mereka yang termasuk dalam penelitian ini, 10.064 orang, atau hampir 22 persen, menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19 selama kehamilan, kata para peneliti.

Sebagian besar (98,3 persen) menerima vaksinasi selama trimester kedua atau ketiga;  sisanya (1,7 persen) menerimanya selama trimester pertama kehamilan mereka.

Hampir 96 persen dari mereka yang divaksinasi menerima vaksin mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech atau Moderna.

Sampai saat ini, beberapa penelitian melaporkan bayi lahir dengan sehat setelah vaksinasi COVID-19 pada kehamilan, kata para peneliti.  Temuan baru ini menambah bukti bahwa vaksinasi COVID-19 aman selama kehamilan.

BACA JUGA: Ini Tips Sederhana Lawan Omicron, Tingkatkan Kekebalan

Penelitian yang mendorong agar wanita hamil tidak khawatir divaksin ini, menemukan bahwa kekhawatiran paling umum wanit hamil menolak divaksin karena kurangnya informasi tentang keamanan vaksin COVID-19 pada orang hamil dan potensi bahaya pada janin.

“Vaksinasi COVID-19 penting untuk mencegah penyakit parah pada ibu hamil,” kata Lipkind.  “Dengan meningkatnya tingkat COVID-19 di komunitas kami, kami mendorong orang hamil untuk divaksinasi.”

Individu hamil, selain melihat peningkatan risiko penyakit parah dan kematian dibandingkan dengan orang yang tidak hamil, lebih mungkin memerlukan masuk ke unit perawatan intensif, ventilasi invasif, dan oksigenasi darah dengan bantuan mesin.***