Stop Merokok, Anda Pasti Bisa Melakukannya

Kesadaran diri untuk mengatakan bahwa seseorang sedang kecanduan rokok, akan mendorongnya berupaya untuk stop merokok

MATARAM.lombokjournal.com ~ Hampir tiap para perokok, pernah berkeinginan untuk berhenti merokok, atau berhenti vaping, dan sebagian besar gagal.

Kalau seseorang mencoba berhenti merokok dan sulit melakukannya, bersabarlah dan nikmatilah kenyataan, kebanyakan orang gagal beberapa kali sebelum berhenti dengan sukses. 

BACA JUGA: Merokok Merusak Hampir Semua Organ Tubuh

Seseorang yang mengaku kecanduan nikon mendorong termotivasi stop merokok

Kegagalan untuk berhenti merokok itu bukan berarti gagal total, ini tahapan penting agar seseorang benar-benar bebas rokok. Nikmatilah itu sebagai bagian dari perjalanan normal untuk berhenti menjadi perokok.

Informasi di bawah ini akan memudahkan dan membantu memastikan, ini adalah terakhir kalinya Anda harus melalui proses berhenti. Semua orang bisa bebas dari ketergantungan merokok!

Berhenti merokok, ini langkah awal

Langkah terpenting yang harus diambil adalah langkah pertama, mengakui bahwa kita memang benar-benar kecanduan rokok. Pengakuan ini penting.

Ketika ditanya mengapa Anda merokok, Anda mungkin akan menjawab, “Saya hanya suka merokok!” atau “Ini pilihan saya untuk merokok.” 

Ingat, perusahaan yang memproduksi rokok akan mempromosikan gagasan bahwa merokok adalah masalah pilihan pribadi. 

Sebenarnya tidak ada banyak pilihan seperti yang mereka sarankan kepada pelanggan mereka.

Tapi cobalah Anda tanyakan pada diri sendiri, dan jujurlah sepenuhnya: Apakah saya kecanduan tembakau? Apakah saya benar-benar membuat pilihan untuk bebas dari tembakau, ketika saya merokok?

Anda mungkin mempertimbangkan bahwa Anda perlu memiliki rokok. Hasil penelitian menunjukkan, kecanduan nikotin sama sulitnya dengan kecanduan heroin atau kokain.

BACA JUGA:

Dalam program 12 Langkah bebas Nikotin, langkah pertama adalah mengakui pada diri sendiri, “Saya benar-benar tidak berdaya untuk bebas dari rokok.” 

Membuat pengakuan ini mungkin tampak sepele, tetapi bagi banyak orang ini adalah bagian yang sangat penting dalam menyelesaikan perjalanan untuk menjadi seorang yang berhenti jadi perokok.

Perusahaan yang memproduksi rokok, biasanya memberi tahu perokok bahwa merokok adalah pilihan pribadi. Tahukah maksudnya, artinya produsen rokok membantu membuat pelanggannya menyangkal, bahwa merokok mereka sebenarnya kecanduan, Sama sekali bukan piliha,

Jika merokok adalah pilihan, lalu apa terburu-buru untuk berhenti? Produsen rokok telah menggunakan promosi ini untuk menjaga jutaan pelanggan membeli produk mematikan mereka.

Mengakui bahwa Anda merokok lebih karena kecanduan dan bukan pilihan, akan membantu memotivasi Anda untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Yaitu melawan candu nikotin, mengendalikan diri dan berusaha menjadi bukan perokok.

Pengakuan sebagai pecandu ini selanjutnya akan mengarahkan siapa pun agar bebas rokok nantinya. 

Pada bulan-bulan dan tahun-tahun setelah Anda berhenti, ketika godaan untuk merokok kadang-kadang menguasai Anda — dan itu akan — mengingatkan diri Anda sendiri, “Saya kecanduan dan saya tidak berdaya atas tembakau.” 

Mengatakan ini pada diri sendiri di saat-saat penuh hasrat akan membantu memberi Anda kekuatan untuk mengatakan ‘tidak’ pada ‘hanya sebatang’ rokok.

Jika Anda bisa melakukannya hanya selama lima menit tanpa menyerah, keinginan untuk merokok dapat dikendalikan atau hilang. 

Dengan cara ini, Anda akan dapat tetap bebas asap rokok seumur hidup. ***

 

 




Ironman 70.3 Lombok, Tiga Atlet NTB Ikut Beradu

Event Ironman 70.3 Lombok diikuti 406 Peserta dari 33 Negara Siap Beradu 

MATARAM.lombokjournal.com ~ Event Internasional Ironman 70.3 Lombok sudah semakin dekat. 

Tercatat sebanyak 406 peserta dari 33 negara siap beradu dalam event olahraga tersebut. Para peserta terdiri dari 364 peserta individual dan 42 peserta estafet yang tergabung ke dalam 16 tim.

BACA JUGA: Festival Peresean di Lotim, Bang Zul Doa Bersama Masyarakat

Ironman 70.3 Lombok diikuti 405 peserta

Executive Director ISM, Arie S. Sukirno saat dkonfirmasi hal ini via selulernya, Jumat (30/09/22) menyebutkan, final pesertanya total 406. 364 individual, 42 relay tergabung dalam 16 team. 

Ada 250 peserta lokal dan 156 peserta internasional dari 33 negara termasuk Indonesia.

Ia menjelaskan, Ironman 70.3 Lombok tahun 2022, terdapat 3 peserta asal NTB, yaitu M. Kadri, Yan Bachtiar dan Qori. 

Nama terakhir yang disebut merupakan atlit perempuan. 

Seperti diketahui, Ironman sendiri merupakan kiblat dari olahraga Triathlon yang menjadi olahraga dengan platform terbesar di dunia.

BACA JUGA: Pengurus Asprov PSSI NTB Jangan Rangkap Jabatan

Dengan total jarak 113,1 Km, para peserta harus melalui tiga tahapan sekaligus, mulai dari One Lap-Swim Course (berenang 1,9 Km), One Lap-Bike Course (bersepeda 90,1 Km) dan Two Laps-Run Course (berlari sejauh 21,1 Km) sampai ke finish.***

 




Cidomo Listrik Jadi ‘Bintang’ di Pameran Kendaraan Listrik 

Kreasi kendaraan listrik siswa SMKN 3 Mataram, Cidomo Listrik, menarik perhatian pengunjung Jakarta Convention Center

JAKARTA.lombokjournal.com ~ Gubernur NTB Zulkieflimansyah, mengapresiasi dan bangga dengan Dokar atau Cidomo Listrik (DOLIS) hasil karya SMKN 3 Mataram, yang dipamerkan pada Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.

“Cidomo Listrik hasil karya SMKN 3 Mataram, jadi bintang di arena pameran kendaraan listrik di JCC,” puji Bang Zul sapaan Gubernur NTB, Kamis (29/09/22) di Jakarta Convention Center (JCC), juga dikenal sebagai Balai Sidang Jakarta.

BACA JUGA: Juju Pelajari Limbah Jadi Bahan Bakar di Amerika

Terlihat Dolis jadi perhatian pengunjung JCC. Bahkan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mencoba mengendarai  karya siswa dan guru SMKN 3 Mataram.

Menurut Bang Zul, berbagi ide dan pengalaman putra-putri asal NTB, dipamerkan pada  acara IEMS 2022 ini. Kehadiran juga mengundang perhatian pengunjung.

“Dolis ini bikin geger JCC,” ungkap Gubernur Zul, pada Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022, yang merupakan rangkaian kegiatan Pameran, Seminar, serta Product Presentation mengenai Kendaraan Bermotor Listrik (KLB). 

Kendaraan alat angkut penumpang yang dimodifikasi, menggabungkan konsep lokal dan modern. Jika dokar identik ditarik oleh kuda, maka Dolis menggunakan motor listrik.

Selain Dolis, SMKN 3 Mataram juga memamerkan mobil listrik prototype E-Formula R-ONE_SMEKTI, yang juga tampak unik dan menjadi perhatian.

BACA JUGA: Inovasi Kearifan Lokal, Dua Wakil NTB Ikuti PKPI

Mobil listrik ini, memiliki spesifikasi dengan kapasitas motor penggerak 5 KW, dengan kapasitas baterai 72 V/100 ah.  Kecepatannya 50-60 km/h dengan jarak tempuh 90 km dengan sekali isi daya penuh.

Kedua karya anak-anak NTB ini merupakan kendaraan ramah lingkungan yang menggunakan energi listrik.  

Ini Komitmen NTB menjaga lingkungan dengan mengurangi folusi udara dari pencemaran pembakaran BBM oleh mesin mesin kendaraan bermotor. ***

 

 

 




Bazar Pangan Murah Menyambut Maulid Nabi  

Pemprov NTB gelar bazar pangan murah menyambut Maulid Nabi  Muhammad SAW, sebagai upaya mengendalikan inflasi

MATARAM.lombokjournal.com ~ Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar kegiatan Bazar Pangan Murah dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awwal 1444 Hijriah atau 8 Oktober 2022. 

Hal ini juga dikarenakan  sebagai langkah pengendalian inflasi daerah akibat adanya penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Bazar pangan murah diselenggarakan sebagai langkah pengendalian inflasi daerah

Bazar Pangan Murah berlangsung di berbagai tempat strategis dan rentan pangan di wilayah NTB, diantaranya di SMKN 1 Gunung Sari, Lombok Barat (29 September 2022), Tugu Monumen Bumi Gora / CFD Udayana (02 Oktober 2022), Lapangan Karang Pule, Sekarbela (4-5 Oktober 2022) dan Halaman Kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB (06 Oktober 2022).

BACA JUGA: Inovasi Kearifan Lokal, Dua Wakil NTB Hadiri PKPI

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, H. A. Azis., SH., MH menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok dan strategis  senantiasa tersedia dalam jumlah yang memadai, harga yang terjangkau dan terjamin keberlanjutannya.

“Dengan demikian masyarakat diharapkan agar tetap tenang,  tidak perlu resah, tidak perlu berspekulasi memborong bahan makanan walaupun  adanya  issu krisis pangan dunia, inflasi yang tinggi  ataupun adanya penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM),” jelasnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkolaborasi bersama seluruh stakeholder,  terutama instansi atau OPD anggota TPID dan OPD yang memiliki pelayanan langsung kepada masyarakat,  dengan cara mengikutsertakan UMKM Pangan maupun Pelaku Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) yang menjadi Mitra Binaan masing-masing maupun langsung memberikan pelayanan secara mobile dan terpadu kepada masyarakat di lokasi Bazar Pangan Murah.

BACA JUGA: Festival Peresean di Lotim, Bang Zul Doa Bersama Masyarakat

Adapun Komoditas pangan pokok dan pangan strategis yang disediakan dalam bazar pangan murah ini adalah sembako dan aneka olahan pangan,  seperti; beras, gula, minyak, telur ayam, daging ayam, cabai, bawang merah, bawang putih,  kedelai, jagung, ikan segar, sayuran dan aneka ragam olahan pangan segar asal tumbuhan  maupun pangan asal ikan dan hasil laut. ***

 




 Inovasi Kearifan Lokal, Dua Wakil NTB Hadiri PKPI

Baiq Atiqah dan Hairul siap membawa inovasi kearifan lokal NTB di bidang fashion dan kriya ke Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (PKPI) 2022

MATARAM.lombokjournal.com ~ Baiq Atikah Badzlina dan Hairul Maulana Sofyan siap mewakili Nusa Tenggara Barat pada kegiatan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (PKPI) tahun 2022 di Provinsi Gorontalo tanggal 6 – 10 Oktober 2022 mendatang. 

Keduanya telah melewati seleksi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTB telah melakukan seleksi wakil NTB tanggal 24 September yang lalu.

Baiq Atikah maupun Hairul, dua wakil NTB itu akan membawa inovasi kearifan lokal NTB di bidang fashion dan kriya. 

BACA JUGA: Juju Pelajari Limbah Jadi Bahan Bakar di Amerika

Baiq Atikah akan membawakan inovasinya kombinasi antara tenun asli NTB dengan mutiara yang keduanya merupakan ikon daerah di level Nasional. 

Sedangkan Hairul membawa rumah adat NTB yaitu Dalam Loka dan Bale Lumbung, dengan bahan dasar kombinasi antara limbah alam dan limbah plastik, sesuai dengan misi NTB Asri dan Lestari.

“Misi saya di Gorontalo adalah menang, dan memperkenalkan rumah adat NTB yaitu Dalam Loka dan Bale Lumbung dengan bahan dasar Kombinasi antara Limbah alam dan limbah plastik. Menurut saya, dua rumah adat itu sudah cukup untuk menginterpretasikan Indahnya NTB,” tutur Hairul saat diwawancara di Mataram, tanggal  pada 27 September 2022.

Ia menjelaskan bahan yang akan digunakan dalam membuat miniature rumah adat NTB tersebut Eceng Gondok, ultramilk, kresek/kantong plastik bekas, stick eskrim, bambu, dan kayu. 

Diharapkan dengan mengikuti PKPI tahun 2022 Putera Puteri Daerah lebih melek terhadap potensi dan kekayaan yang dimiliki oleh NTB. Pria kelahiran Jorong, 09 April 1999 berharap dengan tangan-tangan kreatif dan luasnya jangkauan media sosial, bisa menjadi salah satu lumbung penghasilan masyarakat di tengah gempuran ekonomi yang kian merosot.

“Saya rasa dengan mencurahkan rasa kedalam karya yang dimiliki akan membuat value yang tak ternilai,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Baiq Atikah menjelaskan inovasi yang akan dibawanya. memperkenalkan bahwa NTB memiliki beragam jenis kain tenun

Karena menurut Atikah, tenun NTB memiliki motif yang unik dan menarik seperti Tenun Pringgasela Kabupaten Lombok Timur memiliki warna yang soft dan lembut, sementara tenun Bima memiliki warna yang kuat dan mencolok.

 “Saya memiliki inovasi yang akan dikembangkan, seperti kombinasi tenun dengan mutiara, sehingga tercipta harmonisasi tenun dan mutiara yang menjadi ikon NTB di level Nasional,” tutur gadis kelahiran Mataram, 19 Oktober 1999 tersebut.

BACA JUGA: Strategi Gerakan Orang Tua Asuk Cegah Stunting

Baiq Atikah berharap sebagai wakil NTB, bisa menginspirasi kaum milenial di era pasca pandemi dan mampu  membuktikan, kita bisa bangkit dari keterpurukan selama 2 tahun kemarin. 

Selain itu  sebagai kaum milenial, ia berharap bisa mengoptimalkan budaya dan kearifan lokal yang ada, seperti misalnya NTB memiliki beragam jenis kain tenun.

“Selain kita elok dan cantik dibuatnya, kita juga secara tidak langsung membantu perekonomian bagi para penenun – penenun dan mengurangi angka pengangguran yang ada di NTB,” tandasnya.***

 




Juju Pelajari Limbah Jadi Bahan Bakar di Amerika

Pemprov NTB dukung Juju ke Amerika untuk pelajari pengolahan limbah menjadi bahan bakar, yang diselenggarakan dan dibiayai penuh oleh Amerika

MATARAM.lombokjournal.com ~ Manajemen limbah dan pengembangan energi terbarukan merupakan salah satu prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB saat ini. Terlebih lagi dengan adanya target emisi nol pada 2050 (NTB NetZero Emission 2050).

Karena itu, Pemprov NTB mendukung penuh Pemuda kelahiran Lombok Timur, Muhammad Zurhalki yang akrab disapa Juju, mengikuti Reverse Trade Mission (RTM) on Waste to Energy (WTE) yang diselenggarakan dan dibiayai penuh oleh US trade and Development Agency.

Kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan teknologi, kebijakan, dan layanan Amerika Serikat di bidang pengolahan limbah menjadi energi. 

BACA JUGA: Pabrik Pengolahan Limbah Beracun Berbahaya Hadir di NTB

Juga untuk membuka peluang kerjasama dalam hal pengadaan dan penggunaan teknologi pengolahan limbah di Indonesia. 

Pengolahan limbah jadi energi terbarukan akan dipelajari Juju di Amerika
ilustrtasi ~ Limbah Sawit jadi energi

RTM-WTE sendiri diikuti stakeholders Indonesia yang terlibat dalam pengembangan energi terbarukan dan pemberdayaan lingkungan, Seperti kementrian terkait, Pemerintah Provinsi, BUMN, dan BUMD dengan total peserta sekitar 15 orang. Juju adalah salah satunya. 

“Pendidikan yang baik Insya Allah akan menerbangkan anak-anak muda NTB sejajar dengan warga dunia yg lain,” ungkap Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat menerima Juju di Ruang Kerjanya, Kamis (29/09/22). 

Pelajari beberapa jenis limbah

Juju merupakan alumni beasiswa NTB tujuan Polandia tersebut bersama rombongan akan berangkat pada pada 1 Oktober 2022. Kegiatan akan selesai pada 14 Oktober 2022. 

Beberapa lokasi yang akan dikunjungi tersebar di negara bagian Washington DC, Tampa, dan Los Angeles.

Juju akan mempelajari beberapa jenis limbah seperti, limbah pertanian, limbah rumah tangga, baik organik maupun anorganik, yang diolah menjadi bentuk energi yang dapat digunakan oleh masyarakat. 

Biasanya, tutur Juju, massa limbah dapat digunakan sebagai bahan baku pembangkitan listrik maupun pembuatan bahan bakar cair dan gas, dan sebagainya. 

Pemuda yang menamatkan jenjang S1nya di Universitas Mataram tersebut berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi pintu awal terbentuknya kerjasama di bidang energi antara perusahaan-perusahaan Amerika Serikat dan Provinsi NTB. 

BACA JUGA: Pengolahan Limbah, Pemprov NTBN Siapkan Infrastruktur Dasar

NTB termasuk peserta yang disediakan alokasi waktu pada sesi business briefing untuk mempresentasikan kondisi dan peluang kerjasama di NTB.

“Melihat ketertarikan penyedia teknologi di US terhadap besarnya peluang investasi di NTB, saya pribadi cukup optimis di masa mendatang akan terjalin hubungan kerjasama yang baik di bidang energi terbarukan,” tandasnya. ***

 




Lombok FC Fokus untuk Benahi Finishing Touch  

Jelang Babak 8 Besar, Lombok FC akan benahi tim work sebab semua lawan di 8 besar dipandang berat

MATARAM.lombokjournal.com ~ Upaya keras Lombok FC untuk menjadi harapan warga Nusa Tenggara mulai kelihatan tanda-tandanya. 

Lombok FC sukses keluar sebagai juara Grup A Zona P. Lombok seusai mengalahkan PS Hamzanwadi dengan skor 2-1 dalam laga yang bergulir di Stadion GOR 17 Desember, Turide, Kota Mataram, Jumat (23/09/22) lalu.

Kemenangan itu membawa tim yang berasal dari Lombok Barat ini berhasil mengemas 19 poin dari tujuh pertandingan dengan enam kali menang dan satu kali imbang.

Para pemain Lombok FC MERAYAKAN KEMENANGAN

Klub berjuluk Kijang Rinjani ini berhasil melaju ke babak delapan besar Liga 3 Asprov PSSI NTB melalui gol yang dicetak oleh Rigelken Geraldo Maniking pada menit ke-7 dan Yanuar Baihaqi pada menit ke-69.

BACA JUGA: Skuad Lombok FC Kian Mentereng, Siap Melaju ke Level Atas

Pelatih Lombok FC, Jessie Mustamu menilai penampilan anak asuhnya masih harus terus dibenahi, meski klub dengan julukan Kijang Rinjani  ini mampu mengalahkan PS Hamzanwadi dan keluar sebagai juara Grup A Zona P. Lombok Liga 3 Asprov PSSI NTB.

“Para pemain kerap melakukan kesalahan saat menguasai bola. Selain itu, mental para pemain juga harus dibenahi,” ujar mantan Kapten Tim PSIS Semarang ini.

Ia mengatakan berupaya membenahi semuanya.

“Agar bisa memberikan yang terbaik bagi tim Lombok FC,” tutur mantan pemain yang dulu berposisi sebagai gelandang ini.

Beberapa teknik bermain yang harus dibenahi, menurut Mustamu, di antaranya masalah finishing touch atau penyelesaian akhir, cara melewati pemain lawan, dan cara mengantisipasi bola. 

“Pada latihan Lombok FC menjelang babak 8 besar, kami akan lebih fokus di finishing touch, agar tim ini terus lebih baik dan lebih baik lagi ke depan,” paparnya.

Rencananya, babak 8 besar Liga 3 NTB akan menggunakan sistem grup dan format single match. Artinya masing-masing tim akan menjalani tiga pertandingan untuk memperebutkan dua posisi teratas yang akan melaju ke babak semi final. 

Menanggapi calon lawan yang akan dihadapi pada babak 8 besar Liga 3 Zona NTB tersebut, Lombok FC tak mau gegabah dan menganggap remeh lawan, dan akan selalu mewaspadai kekuatan setiap tim. 

“Kami akan selalu antisipasi, dan bagi kami semua tim itu adalah lawan yang berat, terlebih ini sudah di babak 8 besar,” kata Jessie Mustamu, di Mataram, Jumat (27/09/22).

Harapan Chairman dan CEO Lombok FC

Atas keberhasilannya melangkah ke babak 8 besar ini, Chairman Lombok FC H. Bambang Kristiono, SE (HBK) sangat mengapresiasi kerja keras para pemain, tim pelatih dan seluruh manajemen yang terlibat dalam pekerjaan ini. 

BACA JUGA: Festival Peresean di Lotim, Bang Zul Doa Bersama Masyarakat

Ia berharap, Lombok FC bisa tampil lebih padu, lebih semangat, dan lebih trengginas lagi di pertandingan-pertandingan mendatangnya.

“Alhamdulillah dengan segala hasil yang telah diraih oleh Lombok FC. Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras para pemain, pelatih, dan manajemen yang ada. Namun jujur saya  sampaikan, meskipun Lombok FC ini berhasil lolos ke 8 besar, tapi masih punya banyak PR yang harus diperbaiki. Hal ini kita percayakan sepenuhnya kepada tim pelatih untuk mengevaluasi dan memperbaikinya. Saya percaya bahwa tim ini mampu menjadi perwakilan masyarat sepakbola NTB di tingkat nasional nanti,” kata HBK.

HBK berharap kepada semua unsur yang berada  di internal Lombok FC untuk memiliki mindset, visi, dan impian yang sama yaitu menjadikan Lombok FC ini sebagai tim Juara.

Ia menekankan agar sama-sama menanamkan tekad dan semangat di hati dan pikiran masing-masing bahwa Lombok FC adalah tim target yang akan selalu konsisten dalam menjaga performa terbaik.

“Asal menang saja, saya kira tidak cukup. Tetapi punya militansi, semangat tidak mengenal menyetah, dan konsep bermain yang cantik adalah modal dasarnya,” pesannya.

Sementara itu, CEO Lombok FC Rannya Agustyra Kristiono mengatakan, tren positif yang terus diraih Lombok FC di babak penyisihan grup akan menjadi modal besar bagi tim asuhan Coach Jessie Mustamu ini untuk menatap babak-babak selanjutnya.

Rannya juga mengucapkan terima kasih kepada grup supporter Babalo, yang terus memberikan dukungannya di setiap pertandingan yang dijalani Lombok FC.

“Kita akan ikhtiarkan, paling tidak ada 1.500 Babalo akan hadir langsung di lapangan untuk memeriahkan pertandingan 8 besar ini,” kata dara yang tengah menyelesaikan pendidikannya di Brunel University, kota London ini.

Selain itu, Rannya juga berharap agar Lombok FC mampu meraih kemenangan di pertandingan-pertandingan selanjutnya. 

Terlebih lagi dengan adanya dukungan masyarakat pecinta sepakbola NTB yang menjadi penyemangat para pemain, pelatih, maupun manajemen Lombok FC.

“Perjalanan ini masih sangat panjang. Kami selalu mengharap dukungan masyarakat pecinta sepak bola NTB untuk mensukseskan prestasi dan hasil akhir Lombok FC,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi perjalanan Lombok FC tembus ke Liga 3 Nasional, Lombok FC telah berhasil merekrut tambahan dua pemain yang sebelumnya ikut berlaga di babak penyisihan, masing-masing Lalu Yogi, penjaga gawang dari Perselobar serta Krisna, gelandang serang dari PS. Hamzanwadi.

“Kita akan prioritaskan kepada talenta-talenta muda sepakbola dari P. Lombok untuk menjadi pemain-pemain Lombok FC,” kata Rannya.

Yanwar Baehaki, Curi Perhatian

Pemain penyerang Yanwar Baehaki telah berhasil mencuri perhatian grup supporter BABALO (Barisan Batur Lombok) dan pecinta sepak bola NTB usai menjadi pencetak gol kemenangan Lombok FC dalam tiga laga akhir termasuk saat melawan PS Hamzanwadi.

Gol pemain kelahiran Desa Pesongoran, Kecamatan Kuripan Utara, Kab. Lombok Barat ini pada menit ke 69 berhasil menjadi penentu untuk mengunci posisi Lombok FC sebagai juara Grup A.

Yanwar Baehaki yang lahir pada 27 Januari 2001, telah memiliki kecintaan pada sepak bola sejak kecil dan mulai serius menekuniny sejak sekolah menengah pertama (SMP).

Untuk mengasah kemampuannya dalam bermain bola, remaja lulusan SDN 2 Kuripan Utara ini mengaku belajar di berbagai Sekolah Sepak Bola (SSB) di P. Lombok. 

Selain itu, Ia juga pernah mengikuti training di Persija Elite Pro Academy U20 dan Football Insight Academy.

Kemampuannya mengolah si kulit bundar pun semakin matang. 

Baehaki pernah memperkuat tim Pekan Olahraga Daerah Regional NTB dan berhasil meraih juara pertama. 

Tidak hanya itu, Ia kerap memperkuat tim nya dalam berbagai ajang sepak bola di NTB.

Di P. Jawa, Ia pernah memperkuat PS. Persijap Jepara, PS. Persekap Pekalongan, dan menjadi striker andalan di PS. Persak Kebumen yang bermain di Liga 3 Nasional sebelum akhirnya memilih pulang kampung dan bergabung di Lombok FC.

Bahkan saat bermain di PS Persekap Pekalongan, Baehaki mendapatkan perhatian warga Kab. Pekalongan lantaran produktivitas golnya di Liga 3 Jawa Tengah. 

Dan Baehaki masuk dalam jajaran 5 besar Top Skor Liga 3 Jawa Tengah.

BACA JUGA: Aksi Siwa Bersih-bersih Sepanjang Pantai Kalaki di Bima

Putra asli Lombok Barat ini meyakini, setiap ajang pertandingan yang akan diikuti bersama rekan-rekannya dapat dijalaninya dengan baik apabila skuad memiliki team work yang solid.

Ia juga percaya dengan pengalaman yang telah didapatnya selama berlaga di Liga 3 Prov. Jateng dan Liga 3 Nasional akan mampu membantu Lombok FC meraih target.

“Kemarin di Jateng, saya mendapat banyak pengalaman tentang cara bermain sepak bola yang baik dan benar, kemudian disini (di Lombok FC), saya dapat polesan langsung Couch Jessie Mustamu, pelatih yang sudah memiliki nama besar di kancah sepak bola Nasional. Saya sangat bersyukur dan juga sangat bangga bisa menjadi bagian penting di Lombok FC,” lanjutnya.

Sementara itu, Jessie Mustamu juga mengakui kemampuan Baehaki. Menurutnya karakter pemain jebolan Persija Elite Pro Academy u20 tersebut  memiliki naluri finishing touch yang bisa menguntungkan tim (*).

 




Target PAD KLU Meningkat dari Tahun Sebelumnya 

Plt. Sekda KLU mengakui, target PAD KLU meningkat karena pariwisata mulai menggeliat  

TANJUNG.lombokjournal.com ~ Tahun 2021 ditargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Utara (KLU) pada angka 121 miliyar miliyar, namun realisasi sampai 31 Desember 2021 hanya 70 miliar. 

Itu berarti ada sekitar 50 miliar dari yang ditargetkan tidak tercapai. Tapi di tahun 2022, target PAD KLU ditingkatkan dari 121 miliar menjadi 166 miliar. 

BACA JUGA: TMMD KE 115, Wabup Dabby Ikuti Rakornis Virtual

Plt Sekda KLU mengatakan, target PAD KLU tahun 2022 meningkat

Hal itu dijelaskan Plt Sekda KLU, Anding Dwi Cahyadi saat menghadiri Sosialisasi Aplikasi Edusmart di Pondok Pesantren Al Hikmah, Desa Pamenang Barat Kecamatan Pamenang, Kamis (29/09/22).

Apa yang menyebabkan Pemda KLU mencanangkan target peningkatan PAD? 

Anding menjelaskan, dengan sistem digitalisasi maka secara operasional pemungutan restribusi mudah dilakukan. 

“(saat pandemi Covid-19) PAD memang tidak bisa di pungut. Tapi sekarang sudah nampak, pariwisata sudah mulai menggeliat,” jelasnya.

Diakuinya, dulu past Boat dari Bali menuju Gili tidak pernah diperoleh sepeser pun. “Sekarang alhamdulillah, bisa masuk antara 5 sampai 10 Juta per hari,” tutur Anding. 

Karena itu Ia menghimbau semua masyarakat Kabupaten Lombok Utara untuk sama sama menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban di tengah masyarakat Kabupaten Lombok Utara. 

Lebih lanjut ia menguraikan terkait dengan era digitalisasi, dalam reformasi birokrasi oleh Menpan RI, ada item yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah yaitu sistem pemerintahan berbasis elektronik, dan sekarang merupakan era digital, era aplikasi. Dan 

penerapan seluruh PAD Lombok Utara melalui sistem digital, untuk mengurangi terjadinya kebocoran 

BACA JUGA: PT Bank NTB Syariah Cabang Tanjung Sosialisasi Aplikasi Edusmart

Anding menghimbau, semua masyarakat Kabupaten Lombok Utara untuk sama sama menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban di tengah masyarakat Kabupaten Lombok Utara. 

Diakuinya bahwa maslah di tengah masyarakat KLU masih banyak, akan tetapi tugas birokrasi adalah bekerja. ***

 




TMMD ke 115, Wabup Danny Ikuti Rakornis Virtual

Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter mengikuti Rakornis TMMD ke 115 secara virtual yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Karmin Suharna 

MATARAM.lombokjournal.com ~ Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter F.R, ST, M.Eng mengikuti Rakornis TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-115 yang diselenggarakan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) secara virtual, di Ruang Rapat Makorem 162/WB, Kamis (29/09/22). 

Rapat dipimpin oleh Aster Kasad Mayor Jenderal Karmin Suharna, S.IP, M.A, Dirut Kelembagaan dan Kerjasama Chaerul Dwi Sapta, Sekretaris PJO TMMD Kolonel Kavaleri Sugi Mulyanto, S.Sos, Letkol CAJ Mukti Ankaprima, Ketua Yayasan Anak Bangsa Indonesia Dr. Sofyan Candra, PHD, para Bupati dan Walikota yang menjadi Lokasi TMMD.

TMMD merupakan keterpaduan antara TNI dan Pemerintah Daerah, sebagai upaya percepatan daerah di pedesaan, sebagai langkah dan upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan

Aster Kasad Mayor Jenderal  Karmin Suharna menuturkan, Rakornis TMMD adalah program kegiatan lintas sektoral. 

BACA JUGA: Festival Peresean di Lotim, Bang Zul Doa Bersama Masyarakat

Antara Kementerian atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) serta komponen masyarakat, yang dilaksanakan secara gotong royong bersama dengan TNI.

Kegiatan TMMD merupakan keterpaduan antara TNI dan Pemerintah Daerah, sebagai upaya percepatan daerah di pedesaan, sebagai langkah dan upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan. 

TMMD sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan yang dilakukan bersama pemerintah dengan berbagai kegiatan fisik dan nonfisik, seperti pembangunan infrastruktur, pemberian edukasi bagi anak-anak dan penyuluhan kesehatan seperti stunting di daerah terpencil.

“Kegiatan ini sebagai fokus TNI dan pemerintah dalam TMMD ke 115 yang akan di laksanakan dari 11 Oktober hingga 9 November 2022 di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di daerah terpencil,” tuturnya.

Untuk TMMD di Kabupaten Lombok Utara berlokasi di Kecamatan Bayan, yaitu Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan penghubung antara Desa Sukadana dan Desa Andalan.

BACA JUGA: Program Baznas NTB Masih Butuh Dana Tambahan

Hadir Rakornis secara daring, di antaranya Kasiter Kasrem 162/WB Putu Dwika, Dandim 1606/Mataram Letkol Arm Arif Rahman, Ketua DPRD KLU Artadi S.Sos,Kepala Bappeda KLU Parihin S.Sos serta undangan lainnya.***

 




PT Bank NTB Syariah Cabang Tanjung Sosialisasi Aplikasi Edusmart

Pihak PT Bank NTB Syariah Cabang Tanjung menekankan pentingnya pengembangan kompetensi semua konsumennya

TANJUNG.lombokjournal.com ~ PT Bank NTB Syariah Cabang Tanjung Kabupaten Lombok Utara mengadakan Sosialisasi atau Launching Aplikasi Edusmart yang di pusatkan di Ponpes Al-Hikmah Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara, Kamis (29/09/22).

Dalam sambutan Kepala Kantor PT Bank NTB Syariah Tanjung, Umarta, SH, menekankan pentingnya pengembangan kompetensi teknologi konsumen PT Bank NTB Syari’ah saat ini.

Kepala PT Bank NTB Syariah Cabang Tanjung menekankan pentingnya skil teknologi asemua konsumennya
Umarta, SH

“Kita dituntut memiliki skil penggunaan IT untuk memudahkan kita di era digital. 

BACA JUGA: Program Baznas NTB Masih Butuh Dana Tambahan

Tuntutan ini tak bisa dihindari dan seiring dengan kemajuan zaman,” kata Umarta.

Sosialisasi Aplikasi Edusmart,  PT Bank NTB Syari’ah CabangTanjung juga akan dilakukan  di Ponpes yang lain juga.

“PT Bank NTB Syari’ah Tanjung akan melakukan hal yang sama si Pondok Pesantren Darul Iman, dan yang lainnya,” kata Umarta. 

Aplikasi Edusmart bisa berintegrasi sebagai absensi atau belanja santri. Rencana sosialisasi Aplikasi Edusmart sudah lama di rencanakan.

“Atas Izin Allah hari Kamis (29/09) bisa terlaksana, alhamdulillah,” ucapnya. 

Umarta, singgung soal slogan Pondok Pesantren Al- Hikmah “Hidup Jadi Mudah”, dan aplikasi Edusmart ini akan memudahkan seluruh konsumen PT Bank NTB Syari’ah di seluruh NTB. 

Sejalan dengan harapan Pimpinan Pondok Pesantren Al Hikmah, Dr. TGH. Lalu Muhsin Mukhtar Effendi,LC,MA, yang sudah lama menjalin kemitraan dengan PT Bank NTB Syariah. 

“Kalau bukan kita yang mengembangkan Keuangan Syari’ah, siapa lagi,” kata TGH. Lalu Muhsin. 

Ia mengaku ikut serta dalam menggodok perpindahan dari PT Bank NTB kovensional ke PT Bank NTB Syari’ah. 

“Tidak ada kalimat yang pantas di sampaikan selain terima kasih dan mudah-mudahan mendapat Ridho dari Allah Subahanahuataala, amin,” katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang banyak membantu dan mendorong lahirnya Ponpes di berbagai tempat. Dan diharapkan dalam era globalisasi saat ini, para santri santriwati lebih pandai dan siap menghadapi tantangan era global yang lebih berat dari hari ini, harapnya. 

BACA JUGA: Pemprov NTB akan Dukung Program DPD HNSI untuk Nelayan

Di penghujung sosialisasi Aplikasi Edusmart, dilakukan pengukuhan pengurus Ponpes Al Hikmah Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara.

Kefiatan sosialisasi Aplikasi Edusmart ini selain dihadiri oleh Kepala Kantor PT Bank NTB, Syari’ah Cabang Tanjung dan Pimpinan Pondok Pesantren Al Hikmah, juga hadir Plt. Sekda Kabupaten Lombok Utara, Kepala Kantor Kementerian Agama KLU, Kepala Kantor Ketenagakerjaan KLU, tokoh masyarakat, para wali santri/Santriwati, segenap pengajar dan seluruh Santri/Santriwati Ponpes Al Hikmah. (*)